Ratusan Paket Sembako LAZISNU Jatim Bantu Warga Lumajang, Batu dan Bondowoso

Batu, NU Online

Dampak virus Corona melumpuhkan sendi perekonomian warga. Banyak kalangan yang akhirnya terpukul dengan mandeknya roda penghidupan karena sejumlah sektor memberhentikan aktivitas.   

Kondisi serupa dirasakan sejumlah petani di kawasan Batu, Jawa Timur. Karena dikenal sebagai kota wisata yang dinamika ekonomi warga ditentukan kunjungan para pelancong, daerah ini sangat terimbas. Banyak yang akhirnya tidak dapat melanjutkan panen maupun produksi aneka kebutuhan untuk para wisatawan lantaran sepinya pengunjung.  

Hal tersebut sebagaimana dialami warga Kelurahan Beji Kota Batu yang mayoritas petani. Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Covid-19 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur memberikan bantuan berupa paket sembilan bahan pokok atau Sembako.  

“Warga kami sangat terbantu atas bantuan berupa paket Sembako untuk warga terdampak virus Corona,” kata Nurul Huda setelah menerima bantuan (12/4).   Ketua RT 01 RW 01 RT 01, Krajan, Beji, Junrejo, Kota Batu tersebut sangat berterima kasih kepada NU Care- LAZISNU Jawa Timur lantaran telah memberikan bantuan kepada warga.   Salah seorang penerima bantuan, Rusiah (90) terlihat sumrigah ketika menerima bantuan paket Sembako.    “Terimakasih ya nak, bantuan ini sangat membantu saya,” kata Rusiah dengan bahasa logak Jawanya.  

Rusiah merupakan nenek yang hidup bersama anaknya. Meski berusia lanjut, tetap menjahit dan merajut yang hasilnya biasanya ditawarkan kepada beberapa toko sebagai souvenir bagi pengujung tempat wisata.   “Sambil mengisi waktu luang, saya menjahit dan merajut,” tuturnya.  

Sekretaris NU Care-LAZISNU Jatim, Moch Rofi’i Boenawi mengatakan bahwa lembaganya fokus kepada program pemulihan ekonomi warga yang terdampak Covid-19.   

“Kami mencanangkan program sejuta paket ekonomi dalam membantu memulihkan ekonomi warga terdampak Covid-19 agar warga dapat menyambut Ramadhan dengan gembira,” kata Rofi’i Boenawi.  

NU Care-LAZISNU Jatim juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk bersama membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19.  

“Kami membuka donasi bagi masyarakat yang memiliki rezeki lebih agar menyumbangkan infak terbaiknya untuk membantu masyarakat rentan dan terdampak Covid-19 ini,” kata alumnus Pesantren Al-Khoziny Buduran Sidoarjo tersebut.  

Sebelumnya, Lazisnu Jatim juga mengirimkan paket bantuan ke Kabupaten Lumajang dan Bondowoso. Pendistribusian ratusa paket sembako itu dilakukan oleh NU Care-Lazisnu Kabupaten Lumajang dan Bondowoso.

Pandemi Corona seperti ini, masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Bagi yang berkenan berbagi paket Sembako bisa dikirim langsung ke kantor NU Care-LAZISNU Jatim di Jalan Masjid Al-Akbar Timur no 9 Surabaya.      Atau bisa melalui rekening Bank Syariah Mandiri 7199899998 (kode bank 451) atau Bank Muamalat 7110711099 (kode bank 147)  semuanya atas nama PW LAZISNU Jatim. Dan bila sudah transfer bisa konfirmasi ke nomor gawai 0896 3009 2626.    

Pewarta: Ibnu Nawawi Editor: Aryudi AR

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *