Ramadhan, LAZISNU Jatim Intensifkan Distribusi Program Sosial

Selama Ramadhan, NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama Jawa Timur menggeber Ramadhan Berbagi, Satukan Negeri. Sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk sosialisasi, pengumpulan dan pendistribusian dana di berbagai daerah.
Menurut Ketua NU Care-LAZISNU Jawa Timur, Ahmad Afif Amrullah, pihaknya bersyukur bisa memaksimalkan momentum bulan suci untuk ragam kegiatan sosial berkaitan dengan pengumpulan dan pendistribusian zakat, infaq dan sedekah.  “Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Bersama NU Care-LAZISNU kita bisa mengajak warga untuk meningkatkan kepedulian pada sesama sehingga NU benar-benar hadir dan memberi manfaat untuk jamaah,” katanya, Senin (3/6). Dijelaskannya, NU Care-LAZISNU se-Jawa Timur secara serentak mengikuti arahan Pimpinan Pusat NU Care-LAZISNU menjadikan Ramadhan 1440 sebagai bulan berbagi untuk satukan negeri. Berbagai program dijalankan oleh NU Care-LAZISNU dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat desa.  “Mulai dari kirab Koin NU, berbagi makanan buka puasa, santunan janda fakir, berbagi perlengkapan shalat, santunan yatim, berbagi perlengkapan sekolah, bantuan korban bencana, rumah ibadah dan sebagainya,” kata dosen Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya tersebut. “Pada awal-awal puasa, NU Care-LAZISNU Jawa Timur fokus untuk penanggunalangan bencana banjir bandang di Bengkulu dan bencana banjir di beberapa daerah di Jatim,” jelasnya.  Kegiatan tersebut dengan menggandeng Lembaga Penanggulangan Bencana dan Peribahan Iklim (LPBI) NU Jawa Timur. “Kami mengirimkan tim relawan dan bantuan untuk meringankan beban para korban,” jelas Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim ini.

Pada hari-hari berikutnya, tambah Afif, NU Care-LAZISNU Jatim fokus untuk berbagi kebahagiaan bersama yatim, fakir dan miskin, guru ngaji dan marbot masjid/mushala di berbagai daerah di Jatim.  Dirinya menyebutkan kegiatan dimulai dari Masjid Aswaja Tlogomas Malang, Rumah Sedekah Kota Batu, Rumah Sakit Islam UNISMA Malang. Kemudian berlanjut ke Masjid Baitul Mukminin Rejoso Nganjuk, Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, Kantor PCNU Bangkalan, Kantor PCNU Sampang, Kantor PCNU Mojokerto dan Masjid Besar Al-Falah Kencong Jember.  Di setiap titik itu kami bekerja sama dengan NU Care-LAZISNU kabupaten untuk membagikan makanan buka puasa. “Juga bingkisan hari raya untuk para fakir, miskin, guru ngaji dan marbot masjid, serta santunan tunai dan paket peralatan sekolah untuk 100 anak yatim yang sebagiannya didukung oleh PT Siantar Top,” pungkas Afif.  (Rof Maulana/Ibnu Nawawi)

senin, 03 juni 2019

sumber: nu.or.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *